By Kelompok Semut Jingga

By Kelompok Semut Jingga

MANAJEMEN JASA By Kelompok SEMUT JINGGA


Karena kita kuliah di bidang ekonomi blog kita bakal ngebahas masalah yang berhubungan dengan manajemen, ekonomi dan bisnis. Kali ini kita akan ngebahas masalah Manajemen Jasa .
A. Pengertian Jasa
Dalam ilmu ekonomi, jasa ialah aktivitas ekonomi yang melibatkan sejumlah interaksi dengan konsumen atau dengan barang-barang milik, tetapi tidak menghasilkan transfer kepemilikan. Jasa juga sangat memegang peran penting dalam pertumbuhan ekonomi karena jasa merupakan mata rantai dari semua sektor ekonomi. Jasa sangat berbeda dengan barang. Bisnis jasa keberadaannya tidak tampak Yang diperlukan dalam bisnis jasa ialah keandalan, keterampilan,skill, daya tangkap,empati,dan dipercaya. 
 
B. Karakteristik Jasa 
Karakteristik Jasa menurut Griffin (1996) ialah:
  1. Intangbility (tidak berwujud). Jasa tidak dapat dilihat, dirasa, diraba, didengar, dan dicium sebelu jasa itu dibeli. Nilai penting dari jasa ialah nilai yang tidak berwujud yang dialami konsumen dalam bentuk kenikmatan, kepuasan, atau kenyamanan.
  2. Unstorability ( tidak dapat disimpan). Jasa tidak memiliki penyimpanan ataupun persediaan dari apa yang dihasilkan, karakteriktik ini bisa juga disebut inseparability (tidak dapat dipisahkan).
  3. Costomization (kustomisasi). Jasa sering didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.
C. Klarifikasi Jasa 
Menurut Lovelock jasa diklarifikasi menjadi lima. Klarifikasi nya ialah:
  1. Berdasarkan sifat tindakan jasa. Jasa ini dikelompokan kedalam matriks yang terdiri atas dua sumbu. Pada sumbu vertikal ada sifat tindakan jasa dan pada sumbu horizontal adalah penerima jasa.
  2. Bedasarkan hubungan antara pelanggan dan pemberi jasa. Jasa ini dekelompokan menjadi dua sumbu . Sumbu vertikal ialah perusahaan jasa dan pelanggan dan sumbu horizontalnya ialah sifat pemyampaian jasa.
  3. Bedasarkan tingkat cutomization dan judgment dalam penyampaian jasa. Jasa ini juga dikelompokan menjadi dua. Sumbu vertikalnya ialah customization karakteristik jasam sednagkan pada sumbu horizontalnya adalah tingkat judgment yang diterapkan oleh contact personel dalam memenuhi kebutuhan konsumennya.
  4. Berdasarkan sifat permintaan dan penawaran jasa. Terdapat dua sumbu. Pada sumbu vertikalnya adalah menunjukan sejauh mana jasa menghadapi masalah sehubungan an dengan terjadinya permintaan puncak. Sedangkan horizontalnya adalah tingkat fluktuasi permintaan sepanjang waktu.
  5. Berdasarkan metode penyampaian jasa. Sama pada klarifikasi jasa ini juga terdapat dua sumbu. Pada sumbu vertikal menunjukan sifat interaksi pelanggan dan perusahaan jasa, sedangkan horizontalnya adalah ketersediaan outlet jasa.
D. Jenis-Jenis Jasa
  1. Entertainment. Jasa yang termasuk dalam jenis entertainment ialah usaha dibidang olahraga dan usaha dibidang hiburan seperti tempat gym dan fitnes, bioskop, lapangan golf, panggung pertunjukan dan lain-lain.
  2.  Hotel. Jasa jenis ini termasuk dalam jasa dibidang pariwisata. Usaha dibidang ini juga memerlukan kerjasama dengan tempat rekreasi, hiburan, dan lain-lain.
  3. Personalized servise ialah jasa yang menggunakan pelayanan orang dan perlengkapan yang digunakan seperti halnya salon, tukang foto, laundry dan lain-lain.
  4. Financial service. Yang termasuk jasa financial service ialah bank, perusahaan asuransi, lembaga penanaman modal, jasa transportasi dan fasilitas publik. Contohnya seperti perusahaan listrik, perusahaan air minum,pesawat, dan lain-lain.

E. Sistem Manajemen Jasa
Menurut Lovelock proses dalam menjalani manajemen jasa ada empat yaitu:
  1. Proses terhadap pelanggan ialah proses yang dimana pelanggan mencari jasa yang dibutuhkan dan hasilnya pelanggan akan merasakan hasil dari jasa tersebut. Contohnya seperti Klinik dan Rumah sakit.
  2. Proses terhadap barang atau milik ialah proses dimana pelannggan mencari organisasi atau penyedia jasa untuk menyediakan jasa terhadap barang miliknya. Contohnya Bengkel dan refarasi alat elektronik.
  3. Proses terhadap informasi ialah proses pengolahan informasi yang berasal dari pelanggan dan hasilnya diolah melalui komputer. Contohnya seperti lapran dan dokumen tertentu.
F. Strategi Pemasaran Jasa
Strategi pemasaran jasa sangat diperlukan karena tujuan akhir, dan strategi pemasaran adalah kepuasan pelanggan sepenuhnya. Strategi pemasaran ialah rencana untuk memperbesar pengaruh terhadap pasar terhadap pasar baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Adapun strategi pemasaran yang dapat digunakan dalam menjalankan bisnis jasa ialah:
  1. Berikan pelayanan yang terbaik. Berikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Pelayanan juga tidak boleh terlalu berlebihan yang akan membuat konsumen merasa risih. Maka dari itu kita harus mengetahui sifat konsumen.
  2. Harga yang tidak berlebihan. Mematok harga yang berlebihan yang tidak sesuai dengan pelayanan akan membuat konsumen malas untuk datang. Pasanglah harga yang wajar sesuai dengan pelayanan dan fasilitas yang diberikan.
  3. Memanfaatkan teknologi. Teknologi sekarang yang semakin canggih memudahkan para pelaku bisnis dapat memasarkan bisnisnya dengan mudah. Maka para pembisnis jasa juga dapat menggunakan teknologi yang lagi tren sekarang ini. 
  4. Sesuaikan keadaan globalisasi sekarang. Bisnis jasa yang dijalankan janganlah ketinggalan zaman ikuti tren makin lama makin berkembang. Maka kita kan semakin menarik minat konsumen terutama anak-anak muda.
Demikianlah blog kita tentang manajemen jasa. Semoga para generasi muda sekarang dapat menggunakan skil nya untuk memulai bisnis walaupun berawal dari bisnis kecil-kecilan. Dan jangan lupa semua butuh proses yang tidak mudah untuk membuat bisnis yang kita jalanin bertahan apalagi bertambah besar. Dan kita juga akan membuat blog tentang para pelaku Bisnis Jasa yang sudah berjalan tapi yang kecil-kecilan dulu ya. Tunggu di post selanjutnya.
Penyusun
Bayu, Kelvin, Fauziyyah, Eka, Umay, dan Leni.


Previous
Next Post »