Pengertian Jasa
Jasa adalah setiap tindakan atau kegiatan yang ditawarkan oleh suatu
pihak kepada pihak lain, yang pada dasarnya tidak terwujud dan tidak
mengakibatkan kepemilikan apapun. Produksinya dapat dikaitkan atau
tidak dengan suatu produk fisik.
Jasa adalah produk yang tidak dapat dilihat yang kita beli dan gunakan tetapi tidak pernah memiliki.
Jasa mencakup semua aktivitas ekonomi yang hasilnya bukanlah produk atau
konstruksi fisik, yang secara umum konsumsi dan produksinya dilakukan
pada saat bersamaan, dan nilai tambah yang diberikannya dalam bentuk
(kenyamanan, hiburan, kecepatan, dan kesehatan) yang secara prinsip
tidak berwujud pada pembeli pertamanya.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa jasa merupakan suatu tindakan
atau aktivitas yang ditawarkan pada pihak lain dan tidak berwujud tetapi
bisa dinikmati manfaatnya.
Definisi Usaha Laundry
Usaha laundry di indonesia berkembang sangat
pesat sekali, ini disebabkan makin berkembangnya bisnis pariwisata dan
perhotelan di indonesia. Selain itu juga dengan kondisi masyarakat yang sibuk
karena pekerjaan dan kuliah mereka, menyebabkan tidak punya waktu luang untuk
mencuci dan menggosok pakaian mereka sendiri. Dengan perkembangan ini bisa
dikatakan kebutuhan jasa laundry setiap tahun akan semakin meningkat.
Untuk melatih karyawan yang akan bekerja di usaha jasa
laundry pun sangat mudah, laundry tidak diperlukan skill khusus tapi hanya dengan
pelatihan singkat bisa menghasilkan tenaga kerja yang mampu mengelola laundry.
Meskipun dengan berbagai jenis pakaian dan bermacam-macam jenis kain yang ada
dipasaran, cara membersihkan dan melicinkan nya sangat mudah dimengerti oleh
pekerja di jasa londry.
Jasa usaha laundry kiloan adalah jawaban bagi perkembangan
bisnis ini karena dengan persaingan dibisnis laundry ini kita dituntut
menghasilkan jasa yang memuaskan dengan harga murah. Tetapi dengan jumlah yang
banyak dan kontinyu maka kita akan memperoleh keuntungan yang cukup lumayan.
Semakin banyak permintaan akan jasa laundry maka akan semakin banyak pesaing
yang akan kita hadapi. Tetapi jika kita sudah terjun dalam usaha laundry
lama-kelamaan anda akan memahami cara menghadapi persaingan bisnis ini.
Usaha Laundrymax
Profil usaha Ibu widy adalah pemilik laundrymax ini dan dia mempunyai 3 orang karyawan, laundrymax ini berlokasi di ruko apartemen scientia gading serpong .
Selama orang masih memakai tekstil dan dan produk tekstil maka selama itu pula orang masih perlu usaha jasa laundry, perjalanan panjang ibu widy ini dari 22 juni 2010 sampai sekarang bukanlah waktu yang pendek, jatuh bangun yang ibu widy alami kurun waktu tersebut ibu widy semakin matang dalam usaha laundry ini. Alhamdulilah ibu widy sekarang sudah membuka cabang di Beberapa daerah.
VISI
Menjadi model perusahaan kuat berbasis ENTREPRENEURSHIP, berorientasi pada kepuasan pelanggan serta menghasilkan Sumber Daya Manusia yang handal dengan Implementasi Manajemen Modern.
MISI
Mendirikan, Menjalankan, Mengembangkan Usaha Laundry
- See more at: http://melialaundry.com/profil/#sthash.613i9wC4.dpuf
Visi Menjadi model perusahaan kuat berbasis ENTREPRENEURSHIP, berorientasi pada kepuasan pelanggan serta menghasilkan Sumber Daya Manusia yang handal dengan Implementasi Manajemen Modern.
MISI
Mendirikan, Menjalankan, Mengembangkan Usaha Laundry
- See more at: http://melialaundry.com/profil/#sthash.613i9wC4.dpuf
"Selama orang masih memakai tekstil dan produk tekstil
maka selama itu pula orang masih perlu usaha jasa Laundry"
maka selama itu pula orang masih perlu usaha jasa Laundry"
Perjalanan panjang kami dari 9 Maret 1996 sampai sekarang bukan merupakan waktu yang pendek, jatuh bangun telah kami alami dalam kurun waktu tersebut dan kami semakin matang menggeluti usaha tersebut.
Bisnis Laundry adalah Bisnis jasa kepercayaan, untuk itu bisnis ini tidak lapuk oleh zaman, karena tanpa disadari usaha jasa laundry sudah menjadi bagian hidup penting manusia dan akan tetap ada.
Dengan system yang telah kami bangun sedemikian rupa sehingga memungkinkan orang lain dengan mudah mempelajari dan mengikuti system yang ada, tanpa perlu anda membangun sendiri.
Dengan Sistem Waralaba kami telah ada di 42 kota :Jogjakarta, Semarang, Jakarta Selatan, Cirebon, Makassar, Bireuen Aceh, Bengkalis Riau, Bekasi Barat, Denpasar Bali, Jambi, Medan, Cibubur, Padang, Surabaya Timur, Samarinda, Bumi Serpong Damai, Kelapa Gading, Bekasi Selatan, Banjarmasin, Kendari, Cepu, Jakarta Barat, Bogor, Pasuruan, Pekanbaru, Balikpapan, Magelang, Surabaya Metropolis, Kuta Bali, Langsa Aceh, Bandung, Malang, Ambon, Palangkaraya, Tembilahan Riau & Cibubur. Seiring dengan berjalannya waktu maka semakin berkembang waralaba kami dikota – kota lainnya.
VISI
Menjadi model perusahaan kuat berbasis ENTREPRENEURSHIP, berorientasi pada kepuasan pelanggan serta menghasilkan Sumber Daya Manusia yang handal dengan Implementasi Manajemen Modern.
MISI
Mendirikan, Menjalankan, Mengembangkan Usaha Laundry & Drycleaning di Seluruh Indonesia.
TUJUAN PERUSAHAAN
- Melalui Franchise diharapkan dapat menjadi sebuah usaha jasa Laundry yang berkembang di Indonesia.
- Memiliki metode dalam usaha jasa Laundry yang dapat dijadikan acuan.
- Menjadikan jasa Laundry sebagai bagian dalam kehidupan keluarga.
- Dengan motto “We Serve You Better†kami akan menjadi yang terdepan di bidang Laundry.
"Selama orang masih memakai tekstil dan produk tekstil
maka selama itu pula orang masih perlu usaha jasa Laundry"
maka selama itu pula orang masih perlu usaha jasa Laundry"
Perjalanan panjang kami dari 9 Maret 1996 sampai sekarang bukan merupakan waktu yang pendek, jatuh bangun telah kami alami dalam kurun waktu tersebut dan kami semakin matang menggeluti usaha tersebut.
Bisnis Laundry adalah Bisnis jasa kepercayaan, untuk itu bisnis ini tidak lapuk oleh zaman, karena tanpa disadari usaha jasa laundry sudah menjadi bagian hidup penting manusia dan akan tetap ada.
Dengan system yang telah kami bangun sedemikian rupa sehingga memungkinkan orang lain dengan mudah mempelajari dan mengikuti system yang ada, tanpa perlu anda membangun sendiri.
Dengan Sistem Waralaba kami telah ada di 42 kota :Jogjakarta, Semarang, Jakarta Selatan, Cirebon, Makassar, Bireuen Aceh, Bengkalis Riau, Bekasi Barat, Denpasar Bali, Jambi, Medan, Cibubur, Padang, Surabaya Timur, Samarinda, Bumi Serpong Damai, Kelapa Gading, Bekasi Selatan, Banjarmasin, Kendari, Cepu, Jakarta Barat, Bogor, Pasuruan, Pekanbaru, Balikpapan, Magelang, Surabaya Metropolis, Kuta Bali, Langsa Aceh, Bandung, Malang, Ambon, Palangkaraya, Tembilahan Riau & Cibubur. Seiring dengan berjalannya waktu maka semakin berkembang waralaba kami dikota – kota lainnya.
- See more at: http://melialaundry.com/profil/#sthash.613i9wC4.dpuf
"Selama orang masih memakai tekstil dan produk tekstil
maka selama itu pula orang masih perlu usaha jasa Laundry"
maka selama itu pula orang masih perlu usaha jasa Laundry"
Perjalanan panjang kami dari 9 Maret 1996 sampai sekarang bukan merupakan waktu yang pendek, jatuh bangun telah kami alami dalam kurun waktu tersebut dan kami semakin matang menggeluti usaha tersebut.
Bisnis Laundry adalah Bisnis jasa kepercayaan, untuk itu bisnis ini tidak lapuk oleh zaman, karena tanpa disadari usaha jasa laundry sudah menjadi bagian hidup penting manusia dan akan tetap ada.
Dengan system yang telah kami bangun sedemikian rupa sehingga memungkinkan orang lain dengan mudah mempelajari dan mengikuti system yang ada, tanpa perlu anda membangun sendiri.
Dengan Sistem Waralaba kami telah ada di 42 kota :Jogjakarta, Semarang, Jakarta Selatan, Cirebon, Makassar, Bireuen Aceh, Bengkalis Riau, Bekasi Barat, Denpasar Bali, Jambi, Medan, Cibubur, Padang, Surabaya Timur, Samarinda, Bumi Serpong Damai, Kelapa Gading, Bekasi Selatan, Banjarmasin, Kendari, Cepu, Jakarta Barat, Bogor, Pasuruan, Pekanbaru, Balikpapan, Magelang, Surabaya Metropolis, Kuta Bali, Langsa Aceh, Bandung, Malang, Ambon, Palangkaraya, Tembilahan Riau & Cibubur. Seiring dengan berjalannya waktu maka semakin berkembang waralaba kami dikota – kota lainnya.
- See more at: http://melialaundry.com/profil/#sthash.613i9wC4.dpu
Menjadi model perusahaan kuat berbasis ENTREPRENEURSHIP, berorientasi pada kepuasan pelanggan serta menghasilkan Sumber Daya Manusia yang handal dengan Implementasi Manajemen Modern.
Mendirikan, Menjalankan, Mengembangkan
Usaha Laundry & Drycleaning di Seluruh Indonesia.
TUJUAN PERUSAHAAN
- Melalui Franchise diharapkan dapat menjadi sebuah usaha jasa Laundry yang berkembang di Indonesia.
- Memiliki metode dalam usaha jasa Laundry yang dapat dijadikan acuan.
- Menjadikan jasa Laundry sebagai bagian dalam kehidupan keluarga.
- Dengan motto “We Serve You Better†kami akan menjadi yang terdepan di bidang Laundry.
- See more at:
http://melialaundry.com/profil/#sthash.613i9wC4.dpuf
"Selama orang masih memakai tekstil dan produk tekstil
maka selama itu pula orang masih perlu usaha jasa Laundry"
maka selama itu pula orang masih perlu usaha jasa Laundry"
Perjalanan panjang kami dari 9 Maret 1996 sampai sekarang bukan merupakan waktu yang pendek, jatuh bangun telah kami alami dalam kurun waktu tersebut dan kami semakin matang menggeluti usaha tersebut.
Bisnis Laundry adalah Bisnis jasa kepercayaan, untuk itu bisnis ini tidak lapuk oleh zaman, karena tanpa disadari usaha jasa laundry sudah menjadi bagian hidup penting manusia dan akan tetap ada.
Dengan system yang telah kami bangun sedemikian rupa sehingga memungkinkan orang lain dengan mudah mempelajari dan mengikuti system yang ada, tanpa perlu anda membangun sendiri.
Dengan Sistem Waralaba kami telah ada di 42 kota :Jogjakarta, Semarang, Jakarta Selatan, Cirebon, Makassar, Bireuen Aceh, Bengkalis Riau, Bekasi Barat, Denpasar Bali, Jambi, Medan, Cibubur, Padang, Surabaya Timur, Samarinda, Bumi Serpong Damai, Kelapa Gading, Bekasi Selatan, Banjarmasin, Kendari, Cepu, Jakarta Barat, Bogor, Pasuruan, Pekanbaru, Balikpapan, Magelang, Surabaya Metropolis, Kuta Bali, Langsa Aceh, Bandung, Malang, Ambon, Palangkaraya, Tembilahan Riau & Cibubur. Seiring dengan berjalannya waktu maka semakin berkembang waralaba kami dikota – kota lainnya.
- See more at: http://melialaundry.com/profil/#sthash.613i9wC4.dpuf
"Selama orang masih memakai tekstil dan produk tekstil
maka selama itu pula orang masih perlu usaha jasa Laundry"
maka selama itu pula orang masih perlu usaha jasa Laundry"
Perjalanan panjang kami dari 9 Maret 1996 sampai sekarang bukan merupakan waktu yang pendek, jatuh bangun telah kami alami dalam kurun waktu tersebut dan kami semakin matang menggeluti usaha tersebut.
Bisnis Laundry adalah Bisnis jasa kepercayaan, untuk itu bisnis ini tidak lapuk oleh zaman, karena tanpa disadari usaha jasa laundry sudah menjadi bagian hidup penting manusia dan akan tetap ada.
Dengan system yang telah kami bangun sedemikian rupa sehingga memungkinkan orang lain dengan mudah mempelajari dan mengikuti system yang ada, tanpa perlu anda membangun sendiri.
Dengan Sistem Waralaba kami telah ada di 42 kota :Jogjakarta, Semarang, Jakarta Selatan, Cirebon, Makassar, Bireuen Aceh, Bengkalis Riau, Bekasi Barat, Denpasar Bali, Jambi, Medan, Cibubur, Padang, Surabaya Timur, Samarinda, Bumi Serpong Damai, Kelapa Gading, Bekasi Selatan, Banjarmasin, Kendari, Cepu, Jakarta Barat, Bogor, Pasuruan, Pekanbaru, Balikpapan, Magelang, Surabaya Metropolis, Kuta Bali, Langsa Aceh, Bandung, Malang, Ambon, Palangkaraya, Tembilahan Riau & Cibubur. Seiring dengan berjalannya waktu maka semakin berkembang waralaba kami dikota – kota lainnya.
- See more at: http://melialaundry.com/profil/#sthash.613i9wC4.dpuf
Misi
Mendirikan,menjalankan,mengembangkan usaha laundry di indonesia
Tujuan perusahaan
> Diharapkan dapat menjadi sebuah usaha jasa laundry yang berkembang di indonesia.
> Memiliki metode dalam usaha laundry yang dapat di jadikan acuan.
> Menjadikan jasa laundry sebagai bagian dalam kehidupan keluarga.
> Dengan moto ACOEWE SERVE YOU BETTERAE kami akan menjadi yang terdepan di bidang laundry.
Peluang pasar
- Peluang pasar sangat luas dengan bermunculnya trend-trend baju eksklusif yang perlu perawatan khusus.
- Populasi dimana dunia tekstil, fashion, dan mode berkembang dengan pesat.
- Populasi masyarakat golongan sosial ekonomi menengah dan atas, yang peduli akan kebersihan, kerapian, dan penampilan semakin besar.
Sifat bisnis
- Merupakan bisnis di bidang jasa yang dibutuhkan masyarakat luas.
- Bisnis dengan sistem cash dan sangat menguntungkan.
- Bisnis tidak lapuk oleh zaman, karena usaha jasa Laundry tanpa disadari telah menjadi bagian penting hidup manusia dan akan tetap ada.
- banyak cabang akan dibuka di seluruh kota-kota besar sehingga Laundry akan semakin berkembang.
Keunggulan dibidang kompotitor
a) Sistem Operasional cabang mudah dijalankan
b) Panduan Manajemen Produksi
- Marketing
- Administrasi
- Akuntansi
b) Panduan Manajemen Produksi
- Marketing
- Administrasi
- Akuntansi
c) Diberikan Training untuk Investor dan Staff
d Mendapat buku Standart Operating Prosedure dan Gambar Standart Counter, Papan Nama, Brosur, Kartu Nama, Price List, dll.
d Mendapat buku Standart Operating Prosedure dan Gambar Standart Counter, Papan Nama, Brosur, Kartu Nama, Price List, dll.
1. Strength
a. Memiliki
tujuan usaha
b. Tempatnya yang strategis
c. Ruangannya menggunakan AC
d. Kemampuan karyawan dalam melayani pelanggan
e. Mempunyai cabang dimana-mana
f. Harganya terjangkau dan relatif murah
g. Hasilnya memuaskan, pakaian harum dan bersih
h. Terima kiloan dan satuan (boneka, jas)
i. Jam buka dari jam 08 am – 08 pm
j. Memiliki SDM yang telah berpengalaman dibidang menyuci dan menyetrika
b. Tempatnya yang strategis
c. Ruangannya menggunakan AC
d. Kemampuan karyawan dalam melayani pelanggan
e. Mempunyai cabang dimana-mana
f. Harganya terjangkau dan relatif murah
g. Hasilnya memuaskan, pakaian harum dan bersih
h. Terima kiloan dan satuan (boneka, jas)
i. Jam buka dari jam 08 am – 08 pm
j. Memiliki SDM yang telah berpengalaman dibidang menyuci dan menyetrika
2. Weaknes
a. Karyawan
keluar jam kerja tanpa izin
b. Pengelola jarang mengontrol
c. Karyawan masuk jam kerja tidak tepat waktu sesuai dengan jam kerja
d. Sering terjadi kekeliruan dalam membungkus pakaian
b. Pengelola jarang mengontrol
c. Karyawan masuk jam kerja tidak tepat waktu sesuai dengan jam kerja
d. Sering terjadi kekeliruan dalam membungkus pakaian
3. Opportnities
a.Berada
ditempat strategis
b. Berada ditempat wilayah anak kos dan apartemen
c. Mengurangin waktu dan tenaga konsumen yang sedang sibuk beraktifitas
b. Berada ditempat wilayah anak kos dan apartemen
c. Mengurangin waktu dan tenaga konsumen yang sedang sibuk beraktifitas
4. Threats
a. Adanya
teknologi yang lebih canggih dalam pengeringan pakaian
b. Konsumen semakin sensitif terhadap harga
c. Banyaknya pesiang.
b. Konsumen semakin sensitif terhadap harga
c. Banyaknya pesiang.
Analisis Ekonomi
Modal awal
Tempat dan Alat Cuci * Sewa Kios Setahun Rp. 12.000.000,-
* Satu Paket Mesin Cuci Dan Pengering Rp, 12.000.000,-
Total : Rp 24.000.000,-
Publikasi:
* Spanduk, Brosur, Promosi Rp 1.000.000,-
Total : Rp. 1.000.000,-
Perlengkapan Loundry
* Meja setrika, Setrika, Hanger, keranjang Rp 1.000.000,-
* Rak Pengering dan rak penyimpanan Rp 1.500.000,-
* Sikat Baju + Gilesan + Sprayer + Selang 10 m Rp. 100.000
* Ember besar 3 buah Rp. 100.000
* Hanger Plastik 2 gross + Jepitan Baju Rp. 200.000
* Rak besi siku komplit Rp. 300.000
* Timbangan 15 kg Rp. 100.000
* Detergen + Pewangi + Kispray + Refill Kispray + Bayclin Rp. 200.000
Total : Rp. 3.500.000,-
Biaya Tidak Tetap Per Bulan Pertama :
* Bayar Rekening Listrik Rp 200.000
* Bayar Rekening Air Rp 300.000
Total : Rp.500.000,-
Biaya Cadangan : Rp. 1.000.000
Jadi Total Seluruhnya adalah : Rp. 30.000.000,-
"Selama orang masih memakai tekstil dan produk tekstil
maka selama itu pula orang masih perlu usaha jasa Laundry"
maka selama itu pula orang masih perlu usaha jasa Laundry"
Perjalanan panjang kami dari 9 Maret 1996 sampai sekarang bukan merupakan waktu yang pendek, jatuh bangun telah kami alami dalam kurun waktu tersebut dan kami semakin matang menggeluti usaha tersebut.
Bisnis Laundry adalah Bisnis jasa kepercayaan, untuk itu bisnis ini tidak lapuk oleh zaman, karena tanpa disadari usaha jasa laundry sudah menjadi bagian hidup penting manusia dan akan tetap ada.
Dengan system yang telah kami bangun sedemikian rupa sehingga memungkinkan orang lain dengan mudah mempelajari dan mengikuti system yang ada, tanpa perlu anda membangun sendiri.
Dengan Sistem Waralaba kami telah ada di 42 kota :Jogjakarta, Semarang, Jakarta Selatan, Cirebon, Makassar, Bireuen Aceh, Bengkalis Riau, Bekasi Barat, Denpasar Bali, Jambi, Medan, Cibubur, Padang, Surabaya Timur, Samarinda, Bumi Serpong Damai, Kelapa Gading, Bekasi Selatan, Banjarmasin, Kendari, Cepu, Jakarta Barat, Bogor, Pasuruan, Pekanbaru, Balikpapan, Magelang, Surabaya Metropolis, Kuta Bali, Langsa Aceh, Bandung, Malang, Ambon, Palangkaraya, Tembilahan Riau & Cibubur. Seiring dengan berjalannya waktu maka semakin berkembang waralaba kami dikota – kota lainnya.
- See more at: http://melialaundry.com/profil/#sthash.613i9wC4.dpuf
1 komentar:
Click here for komentarterimakasih atas ilmunya Kak, cukup membantu pembaca dalam menambah wawasan seputar usaha laundry.. sangat bermanfaat...
Aplikasi Kasir Laundry
ConversionConversion EmoticonEmoticon